Senin, 31 Januari 2022

Mengenal 4 Metode Terbaik Untuk Sembuhkan Penyakit Aritmia


Jantung merupakan salah satu organ yang fungsinya sangat penting bagi tubuh manusia dan berbagai makhluk lainya. Masalah di bagian ini pasti akan membahayakan nyawa penderitanya. Salah satu gangguan kerap terjadi adalah aritmia. Lantas bagaimana cara menyembuhkan penyakit aritmia? Berikut penjelasannya.

Teknik Menyembuhkan Aritmia yang Kerap Dilakukan Dokter

1. Obat obatan

Pengobatan aritmia perlu pemeriksaan yang jelas dan menyeluruh. Jika menurut dokter obat obatan bisa membantu, maka langkah tersebutlah yang akan diambil. Cara ini adalah yang paling sering digunakan dan nantinya dokter akan melihat bagaimana perkembangan kesehatan pasien. Obat yang paling sering diresepkan oleh dokter adalah warfarin.

Obat tersebut dapat menurunkan resiko penggumpalan darah. Namun tentunya anda tidak boleh menggunakannya diluar anjuran dokter. konsumsinya harus benar benar sesuai dosis. Obat yang digunakan tidak sesuai takaran dan fungsi yang tepat malah akan semakin memperburuk kondisi kesehatan sehingga anda harus berhati hati.

2. Ablasi

Dokter juga bisa memberikan treatment berupa ablasi jantung untuk mengatasi aritmia. Prosedur ablasi biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik kateterisasi jantung. Kateterisasi jantung sendiri merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan jantung dengan menggunakan alat yang disebut dengan kateter.

Alat penyembuh penyakit aritmia ini memiliki bentuk menyerupai selang tipis yang sangat panjang. Dokter akan memasukkannya ke dalam pembuluh darah untuk mengakses jantung. Treatment ini juga sering digunakan untuk memeriksa aliran darah di pembuluh jantung. Prosedur tersebut disebut dengan angiografi koroner.

3. Alat Pacu Jantung

Salah satu cara yang juga sering dipakai oleh dokter adalah memasangkan alat pacu jantung kepada pasiennya.  Dokter akan memasangkan alay tersebut di bawah kulit pasien, lebih tepatnya di bawah tulang selangka. Alat tersebut bertugas untuk mengembalikan irama jantung yang semulanya terlalu lambat menjadi lebih normal.

Alat pacu tersebut akan bekerja secara otomatis sehingga anda aritmia tidak akan kambuh. Namun anda juga harus rutin memeriksakan diri seperti yang diminta oleh dokter. Langka ini penting untuk memeriksa bagaimana kinerja alat pacu tersebut. Jika memang ada masalah dengan alatnya, maka dokter bisa segera memberikan solusi terbaik.

4. ICD

Penyakit aritmia dapat disembuhkan dengan menggunakan ICD atau Implantable Cardioverter Defibrillator. Alat tersebut dipasang di bagian dada pasien untuk mencegah jantung berhenti berdetak secara tiba tiba. Alat implan yang satu ini akan mendeteksi kesehatan jantung dan akan segera mengalirkan listrik jika tanda henti jantung muncul.

Berbagai kemajuan teknologi untuk mengatasi aritmia tadi menjadi bagian dari perkembangan ilmu kedokteran. Meskipun sudah banyak alat penyembuhannya, bukan berarti anda bisa abai dan tidak menerapkan pola hidup sehat. Menjaga kesehatan jantung secara alami jauh lebih baik dibandingkan dengan perawatan dokter spesialis jantung. Tentu dari segi biaya juga jauh lebih ekonomis.


EmoticonEmoticon